Selasa, 01 Februari 2011

Cara Mengetahui Perbedaan Jam Tangan Original dan Jam Tangan KW/Replika

Dengan banyaknya jam tangan kw atau replika yang beredar, ia sendiri sudah menjelma menjadi satu industri tersendiri yang bernilai trilyunan rupiah. Banyak orang yang tidak peduli dengan keaslian jam tangan, yang penting desainnya menarik dan terjangkau. Ada pula yang sangat menjunjung nilai, kualitas dan prestise yang didapat dengan membeli dan memakai produk original.

Tidak dapat dipungkiri lagi, terutama untuk negara berkembang seperti Indonesia… tidak setiap orang sanggup membeli jam tangan asli. Harga yang tertera bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan juta rupiah. Tapi, di lain pihak, merek terkenal telah menghabiskan banyak dana dan tenaga kerja untuk menghasilkan desain arloji yang menarik sehingga seringkali produk “kw” (jam tangan kw) lebih menggiurkan daripada produk biasa yang murah harganya.

Masalah jam tangan non original sudah merupakan problema global yang pelik. Artikel ini tidak mencoba menawarkan solusi untuk itu. Tapi bagaimana kalau menjawab hal yang lebih mudah seperti membantu pembeli membedakan produk original dari jam tangan kw? Seorang pembeli yang sudah merogoh kocek dalam-dalam tentunya pantas mendapatkan produk yang mereka beli. (Ya, banyak vendor yang menjual produk replika berkualitas seperti asli, jadi berhati-hatilah!)

Berikut ini beberapa tips yang dapat dipakai ketika membeli jam tangan original:

1. Harga. Kebanyakan jam tangan replika dijual di jalanan dan situs web. Jika Anda tidak memperhatikan dengan seksama, bisa jadi Anda tidak dapat membedakan yang asli dengan yang replika. Bagi masyarakat awam, harga merupakan faktor pertama yang perlu diperhatikan. Dengan catatan, penjual tidak berusaha menawarkan produknya sebagai original.

Jadi, akan sangat membantu bila Anda mencari tahu terlebih dahulu harga banderol untuk produk asli. Gunakan internet dan kunjungi situs-situs yang merupakan distributor atau outlet retail resmi. Ketika Anda berbelanja, setidaknya Anda tahu kisaran harga yang diharapkan. Sebagai acuan, harga Tag Heuer Carrera berkisar antara 25 juta hingga 30 juta. Supplier replika premium mematok harga antara 5 hingga 7 juta rupiah. Produk kw tentunya lebih murah lagi, sekitar 500 ribu rupiah saja.

2. Angka serial. Jam tangan lux memiliki nomor serial di atasnya. Pastikan jam tangan Anda memiliki nomor ini ketika membeli. Jika membeli online, penjual seharusnya dapat memberikan angka yang dimaksud.

3. Pelajari modelnya. Situs resmi biasanya menawarkan data lengkap, termasuk foto produk dari berbagai sisi. Beberapa jam tangan yang mahal bahkan dipertontonkan dalam format tiga dimensi. Pelajari setiap detil termasuk jarum, rantai dan tombolnya. Jam kw biasanya tidak menduplikasi setiap detil yang ada, kecuali replika yang dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

4. Logo dan merek. Untuk menghindari masalah, beberapa produsen produk replika mencetak logo yang sedikit berlainan, atau merek yang salah eja. Pastikan Anda memperhatikan dengan seksama sebelum membayar.

5. Dokumen keabsahan. Terutama bila situs resmi menjanjikan dokumen tersebut, pastikan Anda mendapatkannya ketika membeli.

6. Bahan / materi. Jam tangan asli kebanyakan berbobot lebih dari replika karena materi yang dipergunakan berkualitas dibandingkan bahan yang lebih murah.

7. Jangka hidup. Merek mahal biasanya memproduksi jam tangan agar dapat bertahan puluhan tahun, bahkan seumur hidup. Setidaknya sepuluh tahun untuk produk kelas middle end. Jam replika biasanya dijual tanpa garansi dan dapat bertahan maksimal dua sampai tiga tahun. Hal ini wajar mengingat cara produksi yang kualitas materinya.

8. Distributor. Jika memungkinkan, beli jam tangan original hanya dari agen resmi. Situs web merek terkenal biasanya memiliki daftar toko-toko resmi di seluruh dunia.

Semoga tips tersebut di atas dapat membantu Anda mencari jam tangan yang Anda inginkan. Apabila setelah melakukan riset ternyata jam tangan asli jauh di luar jangkauan, ingat butik online seperti Kelayang.com menawarkan beragam jam tangan replika yang sesuai dengan bujet Anda.

Sumber : http://kelayang.wordpress.com

5 komentar:

  1. Terima kasih karena telah mempublikasikan kembali artikel kami. Namun, kami sangat menghargai bila tautan yang ada dalam artikel dibiarkan aktif sesuai dengan peraturan penerbitan kembali:

    http://kelayang.wordpress.com/peraturan/

    Penggunaan yang menyalahi peraturan akan dilaporkan kepada blogspot dan/atau jasa hosting yang bersangkutan. Harap maklum.

    BalasHapus
  2. nice info gan :) bisa jadi referensi utk milih jam tangan pria original nih

    BalasHapus
  3. sip gan :) kalo beli online, ane lebih suka beli di Arlojinesia, barang2nya sdh terbukti original

    BalasHapus
  4. makasih infonya gan mengenai perbedaan jam tangan original :)

    BalasHapus