Senin, 09 Maret 2009

Merawat Poci Teh

Punya beberapa koleksi poci teh di rumah? Berapa sering Anda memakainya? Jika akhir pekan ini Anda ingin menyuguhkan teh poci untuk para tamu, ada baiknya cek dahulu kondisi poci teh Anda. Apakah bau apek? Beraroma kurang enak? Bagaimana pula membuat poci teh beraroma wangi dan segar? Temukan infonya berikut ini!

Bahan Baku:
Poci teh ada berbagai jenis teh, dari yang bahannya mahal hingga yang murah. Porselin atau keramik yang bagus mutunya, enamel atau logam berlapisan cat untuk makanan, tanah liat atau tembikar hingga plastik atau akrilik. Tiap bentuk poci teh punya kelebihan atau kekurangan yang berbeda terutama dalam kemampuan menyerap panas dari air teh. Pilihan jenis poci teh tergantung pada selera. Apapun jenis bahannya, tiap selesai digunakan poci harus segera dibersihkan dan dikeringkan.

Alat Pembersih: Untuk membersihkan poci teh bisa dipakai sikat khusus untuk poci teh. Berupa sikat mungil panjang dalam berbagai ukuran sehingga bisa menjangkau bagian pipa poci teh atau ujung poci yang memanjang. Sikat ini bisa dicelupkan dalam larutan sabun yang hangat dan encer lalu gosokkan pelan di bagian-bagian yang sulit dijangkau. Jika mungkin, sebaiknya hindari memakai sabun deterjen apalagi yang beraroma tajam atau beraroma bunga. Aroma teh yang ditinggalkan deterjen akan merusak aroma teh karena saat dituangi air panas, aroma sabun akan tetap tercium. Khusus untuk poci dari tanah liat sebaiknya jangan mencuci dengan air larutan sabun deterjen atau pembersih apapun karena pori-pori tanah lait akan menyerap sabun dalam waktu lama.

Cara Praktis: Jika Anda tidak suka dengan noda kecokelatan dari teh hijau yang melekat terutama di poci porselin, gunakan cara yang singkat. Ambil sedikit soda kue lalu gosokkan ke bagian yang kecokelatan dan diamkan sebentar lalu bilas air bersih. Noda cokelat akan lenyap dan poci beraroma segar. Untuk poci tanah liat bisa dibersihkan dengan menyeduh sedikit daun teh dalam poci, diamkan hingga dingin. Buang daun teh berikut airnya lalu bilas air bersih. Cara ini akan membuat aroma apek poci teh hilang dan menjadi segar kembali.

Menyimpan:
Simpan poci teh berikut tutupnya dalam keadaan kering. Taruh sekitar 1-2 sendok makan teh kering di dalam poci. Bungkuslah tutup dan pocinya dengan kertas tipis agar tidak dilekati debu dan aromanya tidak apek.Jangan menaruh kamper atau pewangi lemari di dalam lemari penyimpannya karena aroma wangi akan mudah diserap oleh poci dan sulit dihilangkan terutama jika sudah disimpan dalam jangka waktu lama.



Source : http://food.detik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar