Senin, 06 Juli 2009

Membuat Rencana Bisnis


Melihat peluang bisnis adalah kejelian yang harus dimiliki oleh pebisnis. Makin terlatih dia, makin hebat dia. Sebab, peluang bisnis bagus jarang datang dua kali.

Menyusun rencana bisnis, atau lazim disebut proposal, adalah keahlian yang mesti dimiliki seorang pebisnis untuk mengolah peluang menjadi usaha riil / usaha bisnis yang menghasilkan. Melalui rencana bisnis ini akan tampak apakah peluang bisnis tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Rencana bisnis merupakan sarana untuk mencari rekan bisnis seperti investor bisnis dan sponsor bisnis. Rencana bisnis yang menarik biasanya segera mendapat respon dari investor atau sponsor. Tapi menarik saja belum cukup. Lebih penting lagi adalah menyusunnya dengan baik.

Rencana bisnis yang baik, harus dapat menjelaskan empat bagian penting berikut:
1. Gambaran usaha (description of the business)
2. Pemasaran (marketing plan)
3. Keuangan (financial management plan)
4. Manajemen (management plan)

Agar lebih meyakinkan, akan lebih baik bila rencana bisnis dilengkapi denganexecutive summary, dokumen pendukung dan proyeksi keuangan. Selamat mencoba!

http://www.kumpulan-tips.com

Temukan Informasi lainya mengenai mulai bisnis, cara bisnis, jenis bisnis, sarana bisnis, rekan bisnis, peluang bisnis, rencana bisnis hanya di 88db.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar